Mensiasati Peranan Publik Gereja dalam Masyarakat Sipil: Kajian terhadap Isu Minyak Goreng di Indonesia

Joshua Frans Kumowal

Abstract


Penelitian ini bertujuan mensiasati peran publik gereja terhadap isu sosial yang disebabkan oleh kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng di Indonesia. Artikel ini memanfaatkan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan dan wawancara. Hasil penelitian, fenomena kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng tidak seharusnya terjadi dengan mempertimbangkan jumlah angka produksi yang masih jauh lebih tinggi daripada konsumsi pada saat itu. Campur tangan pihak-pihak yang berkepentingan, serta sikap pemerintah yang tidak tegas, turut melanggengkan permasalahan tersebut. Lebih lanjut, ditemukan juga bahwa akar rumput, seperti penjual angkringan, menjadi kelompok masyarakat yang paling terdampak.  Pembahasan dalam artikel ini didasarkan pada langkah-langkah analisis “praksis sosial” dari J. B. Banawiratma dan J. Muller. Kesimpulannya, keberpihakan gereja kepada kelompok kecil perlu direalisasikan dengan pemanfaatan ruang publik. Gereja dapat menjadi agen masyarakat sipil untuk menyuarakan solusi dan ketidakadilan dari permasalahan yang dihadapi masyarakat.


Keywords


Minyak Goreng, Gereja, ruang publik, masyarakat

Full Text:

PDF

References


Banawiratma, J. B., & Muller, J. (1995). Berteologi Sosial Lintas Ilmu (3rd ed.). Kanisius.

Bedford-Strohm, H. (2008). Poverty and Public Theology: Advocacy of the Church in Pluralistic Society. International Journal of Public Theology, 2(2), 144–162. https://doi.org/10.1163/156973208x290017

Dewi, L. R. (2022). Dampak kenaikan harga minyak goreng bagi pedagang kecil. Jounal of Economics and Social Sciences (JESS), 1(2), 67–75.

Engkus, E. (2018). Implementasi Undang-Undang Perdagangan Dan Implikasinya Dalam Pengendalian Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat. Litigasi, 18(1), 1–40. https://doi.org/10.23969/litigasi.v18i1.284

Erni Rehulina Surbakti & Joyanda Sianturi. (2022). Peduli Lingkungan sebagai Bagian Pelayanan Sosial Gereja. Jurnal Semper Reformanda, 4(1), 37–44.

Gunawan, L. A. S., & Bangun, N. C. M. (2020). Diskursus Agama Dalam Ruang Publik Menurut Jãœrgen Habermas. Logos, 16(2), 1–25. https://doi.org/10.54367/logos.v16i2.1028

Habermas, J. (2005). Religion in the Public Sphere. Holberg Prize Seminar. https://doi.org/10.5840/philafricana2005823

Haezer, E. (2018). Menyoal Internet Sebagai Ruang Publik Dalam Perspektif Habermas. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 4(2), 181. https://doi.org/10.36835/dakwatuna.v4i2.301

Hapsa, Baldawi, A., & Salmia. (2022). Responsibilitas Pemerintah Daerah dalam Mengatasi Ketidak Stabilan Harga Minyak Goreng di Provinsi Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1), 1160–1168.

Harold, R. (2017). Peran “ Teologi Sosial ” Gereja Protestan Di Gorontalo ( GPIG ) Dalam Menanggapi Masalah Kemiskinan. Jurnal Jaffra, 15(1).

Hengki Wijaya. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Heriyanti, K. (2020). Implikasi Teologi Sosial dalam Kehidupan Bermasyarakat. Sphatika: Jurnal Teologi, 11(2), 105–115.

Holland, J., & SJ, P. H. (1986). Analisis Sosial dan Refleksi Teologis: Kaitan Iman dan Keadilan. Kanisius.

Kemendag. (2016). Profil Komoditas Minyak Goreng. Jakarta, 84.

Novak, M. (1991). The Spirit of Democratic Capitalism. Madison Books.

Pratama, Y. C. (2014). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinandi Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2). https://doi.org/10.36917/japabis.v1i2.18

Rahayu, R. N. (2022). Kenaikan Harga Minyak Goreng Kelapa Sawit di Indonesia Sebuah Analisis Berita Kompas On Line. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 3(8), 26–37.

Rynaldi Mahardika Situmeang. (2024). HEGEMONI AGAMA DI INDONESIA: PERSPEKTIF PASTORAL LINTAS AGAMA. Diegesis Jurnal Teologi, 9(2), 231–243.

Saadati, N., & Haryono, S. (2023). Panic Buying dalam Perspektif Islam: Studi Kasus Kelangkaan Minyak Goreng di Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(2), 937. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i2.1168

Siska Yuli Anita. (2022). PENGARUH PANIC BUYING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SECARA IMPULSE BUYING PADA PRODUK MINYAK GORENG. Derivatif Jurnal Manajemen, 16(1), 72–84.

Yewangoe, A. A. (2005). Agama-agama dan Perjuangan Hak-hak Sipil. In Agama-agama dan Perjuangan Hak-hak Sipil. Bidang Marturia - PGI.




DOI: https://doi.org/10.53674/pjt.v1i1.151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Joshua Frans Kumowal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Aer Terang No.4, Lingkungan VI, Malalayang Satu Timur, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara

Creative Commons License
Proskuneo Journal of Theology are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International